Evaluasi Capaian Kinerja Indikator SDGs Kabupaten Pemalang Tahun 2021

9
0

Bidang Pembangunan Manusia dan Masyarakat (PMM) Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pemalang menyelenggarakan Desk Pengisian Matrik I dan Matrik II untuk mengisi indikator SDGs Metadata I Tahun 2021 yang diselenggarakan pada hari Senin 11 April 2022 – Kamis 14 April 2022.

Sekilas tentang TPB (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan)/SDGs (Sustainable Development Goals) yang dikutip dari laman Bappeda Provinsi Jawa Tengah adalah pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Menurut Dra. Titien Soewastiningsih S, M.Ed,Phd selaku Kepala Bidang Pembangunan Manusia dan Masyarakat menjelaskan bahwa, Desk SDGs adalah langkah untuk memverifikasi dan mengkonfirmasi capaian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam melaksanakan SDGs (Sustainable Development Goals) yg ada 17 tujuan yaitu: (1) Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; (5) Kesetaraan Gender; (6) Air Bersih dan Sanitasi Layak; (7) Energi Bersih dan Terjangkau; (8) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (9) Industri, Inovasi dan Infrastruktur; (10) Berkurangnya Kesenjangan; (11) Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan; (12) Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; (13) Penanganan Perubahan Iklim; (14) Ekosistem Lautan; (15) Ekosistem Daratan; (16) Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; (17) Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Dengan adanya Desk SDGs ini kita akan mengetahui sejauh mana capaian indikator SDGs yang dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai dengan tugas dan fungsinya. Desk tidak hanya menanyakan capaian OPD terkait dalam melaksanakan SDGs namun juga mengkonfirmasi rencana kerja OPD dalam melaksanakan SDGs. Informasi tersebut digunakan sebagai bahan penyusunan rencana aksi daerah untuk implementasi SDGs tahun 2021-2026 sesuai dengan RPJMD 2021-2026.

Diharapkan capaian dari kinerja OPD dalam implementasi SDGs bisa mencapai target yang sudah ditetapkan dan berjalan dengan baik dan penyusunan RAD SDGs 2021-2026 juga dapat tersusun sesuai dengan rencana, menurut Kepala Bidang Pembangunan Manusia dan Masyarakat Bappeda Kabupaten Pemalang Ibu Dra. Titien Soewastiningsih S, M.Ed,Phd
IMG_5881

IMG_5882

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini