Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral

5
0

Pemalang – Untuk mewujudkan hasil data statistik sektoral yang akurat dan tepat waktu sebagai dasar perencanaan dan pelaksanaan berbagai kebijakan pembangunan, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pemalang melakukan sosialisasi dan Rakor bersama Diskominfo dan Bappeda Kabupaten Pemalang di Aula BPS setempat, Kamis (30/6/2022).

Kepala BPS Pemalang Mimik Nurjanti usai Rakor di ruang kerjanya mengatakan kegiatan ini untuk melakukan koordinasi dalam rangka menyelenggarakan data statistik sektoral. Statistik sektoral yakni kegiatan statistik yang dilakukan oleh dinas instansi atau OPD.

Mimik menjelaskan dalam kegiatan tersebut ada tiga hal yang dibahas yakni pertama rekomendasi statistik yang dikeluarkan oleh BPS sesuai dengan Perpres 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia dan PP 51 tahun 1999 tentang penyelenggaraan statistik, bahwa semua kegiatan statistik yang dilakukan dinas instansi harus ada rekomendasi dari BPS.

“Ini yang rupanya belum semua, data di kami belum ada, padahal itu adalah salah satu unsur pertanggungjawaban pak Bupati nanti,” ungkapnya.

Yang kedua terkait Indeks Pembangunan Statistik. Jadi mulai tahun 2022 ini BPS akan melakukan penilaian kematangan penyelenggaraan statistik sektoral di dinas instansi seperti tadi dalam sosialisasi dijelaskan semua sepertj membentuk tim penilai internal kemudian ada tahapan lainnya.

Selanjutnya yang ketiga pembentukan Desa Cantik atau desa cinta statistik ini adalah desa pembinaan statistik sektoral skala kecil.

“Di Kabupaten Pemalang untuk tahun ini Desa Clekatakan yangbsudah kami usulkan,” ujarnya.

Sementara Kepala Diskominfo Pemalang Yanuar Nitbani mengatakan pihaknya mendukung dan segera menindaklanjuti apa yang sudah disepakiti dalam rakor tersebut seperti surat pemberitahuan kepada OPD yang akan melakukan kegiatan statistik agar mengajukan rekomendasi kepada BPS.

Yanuar juga turun langsung ke lokasi Desa Cantik untuk memastikan jaringan internet sudah tersedia.

“Kemarin saya ke Clekatakan untuk cek internet sudah bagus sinyalnya,” pungkasnya.

Dalam rakor tersebut Kepala Bappeda Pemalang Sudjarwo berharap dengan penyelenggaraan statistik sektoral ini kedepan dapat memperoleh hasil data yang baik sehingga diharapkan dapat menaikkan rangking Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Pemalang.

Sumber berita : https://pemalangkab.go.id/2022/06/wujudkan-data-statistik-sektoral-bps-pemalang-gandeng-diskominfo-dan-bappeda

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini