Pendampingan BDS PEL-FEDEP Kepada Klaster

4
0

BAPPEDA Kabupaten Pemalang melalui PEL-FEDEP menjadi jembatan para pelaku usaha baik sektor produktif maupun jasa. Dalam PEL-FEDEP terdapat beberapa klaster diantaranya Klaster OLahan Makanan Minuman, Klaster Pertanian dan Perikanan, Klaster Pariwisata, Klaster Konveksi serta terbaru Klaster Ekonomi Kreatif. Maka dari itu perlu Perencanaan Strategis yang matang dan terukur agar tujuan Pengembangan Ekonomi Lokal tercapai.

BDS – Pendamping PEL-FEDEP melaksanakan kunjungan lapangan untuk menggali informasi klaster.
Pada Kesempatan ini dilaksanakan pendampingan kepada klaster pertanian dan klaster pariwisata Desa Wisata Wippas. Andi Rustono selaku wakil ketua klaster pertanian memberikan banyak informasi dan masukan untuk kemajuan klaster terutama induk organisasi melalui FEDEP.
Banyak hal yang memang masih menjadi kendala dalam pengembangan klaster. Komunikasi dan interaksi klaster menjadi hal dasar untuk kemajuan klaster. Bappeda selaku Pembina harus menjadi inisiator agar klaster yang sudah dibentuk mampu berjalan sesuai tujuan.

1
Selain klaster pertanian BDS juga melakukan kunjungan terhadap klaster pariwisata Desa Wisata Wippas. Berbicara soal wippas ini merupakan bumdes pelopor yang dalam perjalanannya masih kurang optimal dalam pengelolaannya. Wippas meerupakan salah satu sektor pariwisata yag terimbas Pandemi Covid-19.
Dibutuhkan percepatan pemulihan ekonomi agar sektor ini mampu bangkit dari keterpurukan. PEL-FEDEP tentunya akan senantiasa mendampingi dan menjembatani agar semua klaster binaan PEL-FEDEP Bappeda Kabupaten Pemalang mampu berjalan normal seperti pada saat sebelum adanya Pandemi Covid-19

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini