PENERIMAAN KKN UNDIP TAHUN 2016

3
0

Sambutan Kepala Bappeda Kab. Pemalang yang dibacakan oleh Kabid Litbang dan Stalap Bappeda Kab. Pemalang pada acara penerimaan KKN UNDIP Tahun 2016, sebagai berikut :

SAMBUTAN KEPALA BAPPEDA

KABUPATEN PEMALANG

 

pada acara

 

PENERIMAAN MAHASISWA KKN UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG  

DI KABUPATEN PEMALANG

 

Selasa, 19 Januari  2016

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb    

Salam sejahtera bagi kita semua

Yang Saya hormati :

  • Saudara Rektor Universitas Diponegoro Semarang atau yang mewakili;
  • Saudara Ketua LPPM UNDIP Semarang  atau yang mewakili;
  • Saudara Dosen Pembimbing Lapangan;
  • Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Pemalang;
  • Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang;
  • Camat Pemalang, Taman, Petarukan, Comal dan Ulujami;
  • Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Petarukan;
  • Kepala Desa lokasi KKN;
  • Mahasiswa/Mahasiswi peserta KKN;
  • Segenap tamu undangan yang berbahagia.

 Mengawali sambutan ini marilah kita senantiasa memanjatkan puji dan  syukur kehadirat Allah SWT, dimana atas limpahan rahmat, nikmat dan karunia-Nya, kita masih diberi kesempatan untuk berhimpun dan bersilaturahmi guna mengikuti acara Penerimaan Mahasiswa KKN Tematik, Vokasi dan Posdaya Universitas Diponegoro Semarang  Tahun 2016.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Pemalang, saya mengucapkan selamat datang kepada seluruh jajaran Civitas akademika Universitas Diponegoro Semarang dan para peserta KKN. Semoga kegiatan ini akan menjadi momentum yang baik bagi kita semua, khususnya dalam rangka menjalin komunikasi dan hubungan kerjasama dalam mengaktualisasikan program dan kegiatan yang telah kita rencanakan.

Hadirin yang berbahagia,

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu wujud pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian dari Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Program ini menjadi komitmen bagi lingkungan Perguruan Tinggi melalui LPPM untuk ikut mengambil peran dalam rangka  peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan  masyarakat yang dilakukan secara langsung di tengah-tengah masyarakat. Tentunya upaya ini menjadi langkah yang strategis dan relevan dengan konsep “good government”.

Dalam pengertian konsep tersebut, Pemerintah Daerah bukanlah menjadi pemain tunggal sebagai pihak yang harus bertanggungjawab untuk pencapaian tujuan kesejahteraan masyarakat. Seluruh elemen masyarakat sesuai dengan fungsinya memiliki  kewajiban untuk bersama-sama meningkatkan kesejahteraan dan kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk itu, saya memandang bahwa kegiatan KKN ini sangat urgent karena didalamnya terkandung misi dan orientasi yang selaras dengan filosofi good goverment tersebut.

Pada kesempatan yang baik ini saya juga berharap bahwa dengan tema Posdaya pelaksanaan KKN  akan  membawa paradigma baru dalam pendekatan interaksinya. Program KKN Posdaya yang bagus secara konseptual hendaknya dapat disinergikan dengan program-program pembangunan pemerintah daerah yang secara implementatif saling melengkapi.

Hadirin yang terhormat,

Saat ini kita masih dihadapkan pada realita permasalahan yang cukup kompleks. Rendahnya capaian IPM sebagai indikator komposit dari aspek pendidikan, kesehatan dan daya beli masyarakat mencerminkan adanya problem kesejahteraan yang saling terkait. Di samping itu, kita juga dihadapkan pada persoalan kemiskinan dan daya beli masyarakat yang masih rendah serta tingkat pengangguran terbuka yang terus bertambah.

 Gambaran kondisi tersebut merupakan tantangan yang tidak ringan untuk kita atasi. Walaupun Pemerintah Kabupaten Pemalang terus melakukan upaya-upaya perbaikan, namun dalam implementasinya masih memerlukan banyak keterlibatan stakeholders lainnya karena pada dasarnya kapasitas Pemerintah Daerah sendiri sangat terbatas.

Saya menaruh harapan besar kepada para mahasiswa peserta KKN, karena saudara sekalian memiliki spirit, idealisme dan juga waktu yang relatif cukup untuk dapat menggerakkan masyarakat di desa-desa yang ada di lokasi KKN. Saya yakin dan percaya, bahwa dengan kemampuan dan kemauan yang Saudara miliki, banyak yang bisa dilakukan kepada masyarakat, utamanya dalam upaya meningkatkan program-program pembangunan. Sehingga kehadiran KKN kali ini benar-benar memberikan warna baru terutama di Desa-desa lokasi KKN di 5 Kecamatan Pantura. Apalagi dengan adanya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Aparat desa dan masyarakat perlu pemahaman yang konprehensif agar dalam pelaksanaannya tidak terjadi permasalahan yang tidak diinginkan.

Hadirin yang  berbahagia,

Sebelum mengakhiri sambutan ini, ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan sebagai berikut:

Pertama,     Kepada Camat dan jajaran Dinas/Instansi, agar  ikut  memfasilitasi pelaksanaan KKN ini dari awal sampai dengan selesai kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Berikanlah bimbingan dan arahan serta petunjuk yang diperlukan, agar kegiatan KKN dapat bermanfaat bagi masyarakat ;

Kedua, kepada Kepala Desa lokasi KKN agar benar-benar mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan KKN. Intensifkan koordinasi dan komunikasi sehingga keberadaan mahasiswa dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa.

Ketiga, kepada peserta KKN agar dapat menciptakan suasana kondusif di desa masing-masing. Lakukan pendekatan secara baik kepada masyarakat dengan selalu mencermati situasi dan kondisi yang ada. Sesuai dengan program dan tema KKN yang telah disusun dan jika memungkinkan berikanlah pendampingan untuk aktivitas kelembagaannya;

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan, dan dengan mengucap Bismil-lahirrohmaanirroohiim”, 637 mahasiswa KKN Universitas Diponegoro di Kabupaten Pemalang Tahun 2016 secara resmi saya terima. Semoga Alloh SWT senantiasa memberikan bimbingan terhadap niat baik kita bersama.

Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Wallahul muwafiiq ilaa aqwamith thoriiq

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini