Plt Bupati Pemalang Harap TJSLP Bantu Entaskan Kemiskinan Ekstrim

4
0

1670470974257_copy_931x555-768x458

PEMALANG – Pemerintah Kabupaten Pemalang saat ini masih menghadapi permasalahan kemiskinan ekstrim, maka dari itu Pengurus Forum TJSLP (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan dan Perusahaan) yang telah dikukuhkan diharapkan dapat membantu Pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan esktrim.

Hal itu disampaikan Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat dalam acara Pengukuhan Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan dan Perusahaan Kabupaten Pemalang di salah satu hotel di Pemalang, Selasa (6/12/2022).

“Tidak hanya pemerintah saja yang bertanggung jawab, tapi juga melibatkan partisipasi dari pelaku usaha, akademisi dan media massa,” tegas Mansur.

Mansur menyampaikan bahwa permasalahan kemiskinan ekstrim tentang infrastruktur di Kabupaten Pemalang yaitu masih banyak rumah tidak layak huni sekitar 70 ribu lebih, jamban, sanitasi dan listrik sehingga dengan kondisi ini Pemalang masuk dalam kemiskinan ekstrim.

Mansur menjelaskan bahwa per tahun 2022 angka kemiskinan esktrim mengalami penurunan yaitu dari 16,56 persen menjadi 15,06 persen.

“Ayo bareng-bareng insan di Kabupaten Pemalang untuk bisa menyelesaikan tantangan tentang rumah tidak layak huni, sanitasi yang harus diperbaiki dan listrik untuk rumah yang belum punya listrik,” pungkasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Bappeda Kabupaten Pemalang Gunawan Wibisono menjelaskan bahwa latar belakang tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan merupakan komitmen perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat baik bagi perusahaan sendiri, komunitas, tempat maupun masyarakat pada umumnya.

Gunawan melaporkan bahwa maksud dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan tingkat kepedulian serta sebagai salah satu bentuk komitmen perusahaan, lembaga, instansi untuk melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan di Kabupaten Pemalang.

Sedangkan tujuannya adalah agar perusahaan, instansi, OPD dan lembaga dapat saling meningkatkan koordinasi agar Forum TJSLP dapat terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat maksimal dan dapat bersinergi dengan program pemerintah Kabupaten Pemalang.

Diketahui bahwa peserta dalam kegiatan ini sejumlah 150 orang yang terdiri dari perusahaan, lembaga, instansi dan organisasi perangkat daerah yang tergabung dalam Forum TJSLP.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan penandatangan berita acara Pengukuhan Pengurus Forum TJSLP oleh Plt. Bupati Pemalang, Perwakilan yang dilantik dan para saksi.

sumber : https://pemalangkab.go.id/2022/12/plt-bupati-pemalang-harap-tjslp-bantu-entaskan-kemiskinan-ekstrim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini