BDS PEL-FEDEP Bappeda Kab. Pemalang Rembug dan Gayeng Menginisiasi Perkembangan Komunitas dan Pariwisata Berkelanjutan yang berbasis kawasan bersama BUMSDes, Pokdarwis dan Caventer

3
0

Mengulas sedikit tentang CAVENTER yang merupakan platform edukasi dan promosi untuk pengembangan komunitas dan pariwisata berkelanjutan. Nama CAVENTER sendiri dibuat dari singkatan, Culture, Art, Community Development, and Ecotourism Center. Jadi key point-nya tentang community development, goals-nya sustainable tourism.”

CAVENTER didukung oleh sekumpulan tour operator yang peduli dengan pengembangan komunitas dan pariwisata berkelanjutan yang mengembangkan Campa Tour—sebuah tour operator yang spesifik menjual trip sejarah dan budaya. Perlu diketahui bahwa masih banyak tempat di Indonesia punya potensi besar untuk mensejahterakan masyarakat namun perlu pengembangan.

“CAVENTER berangkat dari dua masalah yang mendasar tapi saling terkait. Pertama, fakta di lapangan bilang kalau temen-temen komunitas pegiat wisata itu kekurangan kapasitas di sisi SDM dan yang kedua yaitu masalah pemasaran. Pegiat wisata di daerah ini sudah mengembangkan sesuatu, lalu apa tindak lanjutnya? bagaimana pemasaran yang tepat, bagaimana promosinya? Itu yang yang jadi PR bagi Desa, Pokdarwis, BUMDes maupun Pemerintah Daerah.
Secara nggak langsung, tour operator memang punya peran dalam mempromosikan destinasi wisata ini dengan “menjual” trip-nya.

Pada Kesempatan ini BDS PEL-FEDEP Bappeda Kabupaten Pemalang, Pokdarwis dan BUMDes mengadakan rembug gayeng bareng Mas Kelik Sumarahadi dari Caventer (Culture, Art, Community Development, and Ecotourism Center) Indonesia, berupaya dalam Perkembangan Komunitas dan Pariwisata Berkelanjutan yang berbasis kawasan untuk Kawasan Kota dan Pesisir Kabupaten Pemalang.

Adapun Desa-desa yang sedang di inisiasi disiapkan menjadi sustainable tourism berbasis kawasan diantaranya Desa Penggarit Kecamatan Taman, Desa Asemdoyong Kecamatan Taman, Desa Wanarejan Utara, Desa Nyamplungsari Kecamatan Petarukan, Desa Mojo Kecamatan Ulujami, dan Desa Surajaya Kecamatan Pemalang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini